Khawarij 01 : Siapa itu Khawarij?


Khawarij 01 : Siapa itu Khawarij?

 
Sebelum kami menjelaskan mengenai khawarij dan ciri-cirinya, kami akan menyebutkan alasan, mengapa pengetahuan mengenainya itu sangat penting di era modern ini, yang mana kita sekarang telah sangat jauh dari orang-orang khawarij di masa lalu.
Pengetahuan mengenai khawarij beserta ciri-cirinya akan sangat membuka kesadaran orang beragama pada era modern ini, dengan pengetahuan itu kalian akan menemukan seseorang bahkan komunitas yang memiliki kesamaan dengan khawarij.
Sejarah khawarij
Dari pengetahuan yang kami meiliki. Awal mula kemunculan khawarij itu pasca terbunuhnya khalifah Utsman bin Affan yang menyebabkan Islam terpecah menjadi dua golongan, yakni golongan Ali bin Abi Thalib sang khalifah keempat dan Muawiyah.
Mendengar kabar mengenai terbunuhnya khalifah Utsman bin Affan, Muawiyah selaku kerabat khalifah ke-3 itu menuntut balas untuk membunuh semua orang yang terlibat dalam pembunuhan khalifah ke-3.
Mengetahui kabar mengenai sikap Muawiyah, orang-orang khawarij bergabung ke pasukan Ali bin Abi Thalib, karena Ali berpendapat bahwasannya yang dibunuh hanya pembunuh khalifah ke-3 saja, dikarenakan orang-orang yang terlibat pembunuhan tidak diketahui identitasnya.
Semua itu meledak menjadi perang shiffin, saat perang terjadi para penyusup (khawarij) mulai menunjukan jati diri mereka, mereka yang keluar (khawarij) dari pasukan Ali, dinamakan khawarij, khawarij bahasa Arab yang punya arti orang-orang yang keluar.
Keluarnya mereka dari pasukan Ali bukanlah masalah serius, melainkan karena ketidak tegasnya Ali terhadap Muawiyah.
Dengan pengertian di atas maka, orang khawarij sudah menjadi sejarah, dan kini sudah tidak ada, tetapi Imam As-Syahrastani memiliki pengertian luas mengenai khawarij.
كُلُّ مَنْ خَرَجَ عَلَى الإِمَامِ الْحَقِّ الَّذِي اتَّفَقَ الْجَمَاعَة عَلَيْهِ يُسَمًّى خَارِجِيًّا, سَوَاءٌ كَانَ الْخُرُوْج فِي أَيَّامِ الصَّحَابَة عَلَى الأَئِمَّة الرَّاشِدِيْن أَوْ كَانَ بَعْدَهُمْ عَلَى التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانِ وَالأَئِمَّة فِي كُلِّ زَمَانٍ (في كتاب الملل والنحل)
“Setiap orang  yang keluar  menentang pemimpin yang sah yang telah diputuskan oleh masyarakat disebut khawarij, baik penentangan terjadi di masa sahabat pada masa kepemimpinan khulafaur Rasyidin atau terjadi setelahnya pada masa Tabiin yang baik dan para pemimpin disetiap masa”
Dengan demikian maka setiap pemberontak terhadap pemimpin yang sah bisa disebut dengan khawarij, dan bisa juga disebut sebagai khawarij modern (neo-khawarij).
Jika kita melihat sejarah beserta pengertiannya maka khawarij itu sebuah gerakan politik atas ketidak setujuan pada pemimpin yang sah. Kemudian terjadi penggunaan isu-isu agama sebagai propaganda untuk melawan pemimpin yang sah.
Bersambung – Ciri ciri Khawarij......

Instagram : Sholihan 
Facebook  : Sholihan
Twitter      : Sholihan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khawarij 01 : Siapa itu Khawarij?"