SKL quran Hadist Kelas XII Semester Gasal


A.1.   KELAS XII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1.      Mengamalkan pola hidup sederhana dan gemar menyantuni duafa
1.2.       Menghayati nilai sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan
1.3.      Mengamalkan nilai-nilai yang terkait dengan kelestarian lingkungan hidup
1.4.      Bertindak dan berpikir secara ilmiah dalam beragama
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

2.1.      Menunjukkan perilaku hidup sederhana dan gemar menyantuni duafa sebagai implementasi dari Surah al-Furqwn: 67, al-Isrw’: 26–27, 29–30, al-Qasas: 79–82;  Surah al-Baqarah: 177, Surah  al-Mw‘yn (107): 1–7 dan hadis riwayat Ibnu Majah dan Ahmad dari Abdullah bin Amru
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّبِسَعْدٍ وَهُوَ يَتَوَضَّأُ فَقَالَ مَاهَذَا السَّرَفُ فَقَالَ أَفِي الْوُضُوءِ إِسْرَافٌ قَالَ نَعَمْ وَ إِنْكُنْتَ عَلَى نَهَرٍجَارٍ
dan hadis riwayat Imam Al-Bukhari dari Hakim bin Hiram
الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُوَ خَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِغِنًى وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ وَمَنْ يَسْتَغْنِيُغْنِهِ اللَّهُ
2.2.      Membiasakan perilaku sabar dalam menghadapi ujian dan memiliki sikap optimis sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Baqarah: 155–157, Surah  qli ‘Imrwn: 186, hadis riwayat muslim dari Suhaib
عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَ إِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ
dan hadis riwayat Tirmizi dari Mus’ab bin Sa’ad dari ayahnya
قلت يارسول الله أي الناس أشد بلاء قال الأنبياء ...
2.3.      Memiliki budaya menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagai implementasi dari pemahaman Surah  ar-Rym: 41–42, Surah  al-A‘rwf: 56–58, awd: 27,  al-Furqwn: 45–50, al-Baqarah: 204–206, hadis tentang kelestarian alam yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik
مَامِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْبَهِيمَةٌ إِلَّاكَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ
2.4.      Menunjukkan perilaku dan cara berpikir ilmiah sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ayat-ayat Al-Qur’an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang terdapat pada Surah al-‘Alaq: 1–5, Surah Yynus: 101; Surah al-Baqarah: 164, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Abu Darda’
مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالْحِيتَانُ فِي جَوْفِ الْمَاءِ وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِك َفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّالْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّالْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَادِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.1  Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa pada Surah al-Furqwn: 67, al-Isrw’: 26–27, 29–30, al-Qasas: 79–82;  Surah al-Baqarah: 177, Surah  al-Mw‘yn (107): 1–7 dan hadis riwayat Ibnu Majah dan Ahmad dari Abdullah bin Amru
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّبِسَعْدٍ وَهُوَ يَتَوَضَّأُ فَقَالَ مَاهَذَا السَّرَفُ فَقَالَ أَفِي الْوُضُوءِ إِسْرَافٌ قَالَ نَعَمْ وَ إِنْكُنْتَ عَلَى نَهَرٍجَارٍ
dan hadis riwayat Imam Al-Bukhari dari Hakim bin Hiram
الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُوَ خَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِغِنًى وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ وَمَنْ يَسْتَغْنِيُغْنِهِ اللَّهُ
3.2  Memahami ayat Al-Qur’an dan hadis tentang ujian dan cobaan pada Surah al-Baqarah: 155–157, Surah  qli ‘Imrwn: 186, hadis riwayat muslim dari Suhaib
عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَ إِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ
dan hadis riwayat Tirmizi dari Mus’ab bin Sa’ad dari ayahnya
قلت يارسول الله أي الناس أشد بلاء قال الأنبياء ...
3.3  Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kelestarian lingkungan hidup pada Surah  ar-Rym: 41–42, Surah  al-A‘rwf: 56–58, awd: 27,  al-Furqwn: 45–50, al-Baqarah: 204–206, hadis tentang kelestarian alam yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik
مَامِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْبَهِيمَةٌ إِلَّاكَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ
3.4  Menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang terdapat pada Surah al-‘Alaq: 1–5, Surah Yynus: 101; Surah al-Baqarah: 164, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Abu Darda’
مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالْحِيتَانُ فِي جَوْفِ الْمَاءِ وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَادِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
4.1.      Menghafal dan mengartikan per kata ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa pada Surah al-Furqwn: 67, al-Isrw’: 26–27, 29–30, al-Qasas: 79–82;  Surah al-Baqarah: 177, Surah  al-Mw‘yn (107): 1–7 dan hadis riwayat Ibnu Majah dan Ahmad dari Abdullah bin Amru
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّبِسَعْدٍ وَهُوَ يَتَوَضَّأُ فَقَالَ مَاهَذَا السَّرَفُ فَقَالَ أَفِي الْوُضُوءِ إِسْرَافٌ قَالَ نَعَمْ وَ إِنْكُنْتَ عَلَى نَهَرٍجَارٍ
 dan hadis riwayat Imam Al-Bukhari dari Hakim bin Hiram
الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُوَ خَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِغِنًى وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ وَمَنْ يَسْتَغْنِيُغْنِهِ اللَّهُ
4.2.      Mempresentasikan isi dan kandungan ayat Al-Qur’an dan hadis tentang ujian dan cobaan pada Surah al-Baqarah: 155–157, Surah  qli ‘Imrwn: 186, hadis riwayat muslim dari Suhaib
عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَلِ أَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَفَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَ إِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًالَهُ
dan hadis riwayat At-Tirmizi dari Mus’ab bin Sa’ad dari ayahnya
قلت يارسول الله أي الناس أشد بلاء قال الأنبياء ...
4.3.      Menghafal dan mengartikan per kata dari ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kelestarian lingkungan hidup pada Surah  ar-Rym: 41–42, Surah  al-A‘rwf: 56–58, awd: 27,  al-Furqwn: 45–50, al-Baqarah: 204–206, hadis tentang kelestarian alam yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik
مَامِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْبَهِيمَةٌ إِلَّاكَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ
4.4.      Mempresentasikan isi dan kandungan ayat Al-Qur’an dan hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang terdapat pada Surah al-‘Alaq: 1–5, Surah Yynus: 101; Surah al-Baqarah: 164, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Abu Darda’
مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالْحِيتَانُ فِي جَوْفِ الْمَاءِ وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِكَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَادِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ





A.2.    KELAS XII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1.   Mengamalkan dakwah dengan hikmah, mau’izah hasanah dan perdebatan yang baik
1.2.   Mengamalkan amar makruf nahi munkar secara tepat dengan tangan, lisan dan hati
1.3.   Menghayati nilai-nilai demokratis dalam kehidupan sehari-hari
1.4.   Menyadari pentingnya nilai-nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

2.1.   Menunjukkan perilaku dalam dakwah yang baik sebagai implementasi dari Surah an-Napl (16): 125, Surah  asy-Syu‘arw‘ (26): 214–216, Surah al-oijr (15): 94–96, dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنْ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِمَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِ هِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلَالَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنْ الْإِثْم ِمِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لَايَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا
2.2.   Memiliki perilaku yang mencerminkan kewajiban amar ma‘ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana sebagai implementasi dari pemahaman atas Surah qli ‘Imrwn: 104, hadis Ibnu Majah dari Qais bin Hazim
إن الناس إذا رأوا المنكر
 dan hadis Muslim dari Abu Said
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْيَ سْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
2.3.   Memiliki sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman atas Surah qli ‘Imrwn: 159, Surah  asy-Syyra: 38, dan hadis riwayat Muslim dari Malik al-Asyajai
خيارأئمتكم الذين تحبونهم
 hadis riwayat Al-Bukhari
مَتَى السَّاعَةُ قَالَ فَإِذَا ضُيِّعَتْ الْأَمَانَةُ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ قَالَ كَيْفَ إِضَاعَتُهَا قَالَ إِذَا وُسِّدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فانْتَظِرْ السَّاعَةَ
2.4.   Membiasakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Surah  al-Mwidah (5): 8–10, Surah at-Taubah (9): 119, an-Napl (16): 90–92, an-Nisw’ (4): 105, dan hadis riwayat Muslim dari Abdullah
عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.1.   Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kewajiban berdakwah yang terdapat pada Surah an-Napl (16): 125, Surah  asy-Syu‘arw‘ (26): 214–216, Surah al-oijr (15): 94–96, dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنْ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِمَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِ هِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلَالَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنْ الْإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لَايَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا
3.2.   Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang amar ma‘ruf nahi munkar Surah qli ‘Imrwn: 104, hadis Ibnu Majah dari Qais bin Hazim
إن الناس إذارأوا المنكر
 dan hadis Muslim dari Abu Said
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْيَ سْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
3.3.   Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi pada Surah qli ‘Imrwn: 159, Surah  asy-Syyra: 38, dan hadis riwayat Muslim dari Malik al-Asyajai
خيارأئمتكم الذين تحبونهم
hadis riwayat Bukhari
مَتَى السَّاعَةُ قَالَ فَإِذَا ضُيِّعَتْ الْأَمَانَةُ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ قَالَ كَيْفَ إِضَاعَتُهَا قَالَ إِذَا وُسِّدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فانْتَظِرْ السَّاعَةَ
3.4.   Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang jujur dan adil pada Surah  al-Mwidah (5): 8–10, Surah at-Taubah (9): 119, an-Napl (16): 90–92, an-Nisw’ (4): 105, dan hadis riwayat Muslim dari Abdullah
عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ
2.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
4.1.Menghafalkan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang kewajiban berdakwah yang terdapat pada Surah an-Napl (16): 125, Surah  asy-Syu‘arw‘ (26): 214–216, Surah al-oijr (15): 94–96, dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنْ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِمَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِ هِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلَالَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنْ الْإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لَايَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا
4.2.Mempresentasikan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang amar ma‘ruf nahi munkar Surah qli ‘Imrwn: 104, hadis Ibnu Majah dari Qais bin Hazim
إن الناس إذا رأوا المنكر
dan hadis Muslim dari Abu Said
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْيَ سْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
4.3.Mensimulasikan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam Al-Qur’an Surah qli ‘Imrwn: 159, Surah  asy-Syyra: 38, dan hadis riwayat Muslim dari Malik al-Asyajai
خيارأئمتكم الذين تحبونهم
4.4.Mempresentasikan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang jujur dan adil pada Surah  al-Mwidah (5): 8–10, Surah at-Taubah (9): 119, an-Napl (16): 90–92, an-Nisw’ (4): 105, dan hadis riwayat Muslim dari Abdullah
عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ


SKI  Kelas XII Semester Ganjil
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
1.2       Menghayati nilai-nilai perjuangan  dari tokoh-tokoh pembaharuan dunia Islam sebagai implementasi dari  kewajiban berdakwah  dalam  Islam
1.3       Meyakini sikap akhlakul karimah dari tokoh  Muhammad Abduh pembaharuan dunia Islam  sebagai suri teladan bagi  genarasi Islam masa kini
1.4       Menghayati  sikap  kegigihan belajar  dari  tokoh-tokoh pembaharuan dunia Islam Muhammad   Iqbal sebagai implementasi  kewajiban belajar  bagi umat  Islam
1.5       Meyakini  perilaku  berdakwah dari Wali Sanga  sebagai suri teladan bagi generasi muda Islam  zaman sekarang  dan zaman  akan datang
1.6       Menghayati nilai-nilai positif yang diwariskan Wali Sanga dan tokoh pembaharu dunia Islam
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung  jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1.  Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan  sehari-hari dari tokoh-tokoh pembaharu dunia Islam   
2.2.   Menunjukkan sikap kritis dan demokratis  dari tokoh-tokoh pembaruan Islam Indonesia  sebagai implementasi dari pemahaman terhadap  demokrasi Islam
2.3.   Membiasakan sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai bentuk sikap meneladani para khalifah Abbasiyah
2.4.   Menunjukkan sikap optimis Wali Sanga dalam berdakwah sebagai penyemangat para generasi muda Islam sekarang
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural , dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.1        Menganalisis sejarah pembaharuan atau  modernsasi  Islam di dunia
3.2        Mengidentifikasi latar belakang lahirnya gerakan pembaharuan Islam  di dunia
3.3        Menklasifikasi macam-macam gerakan  pembaharuan dunia Islam
3.4        Mendiskusikan pemikiran-pemikiran pembaharuan  dunia Islam  
3.5        Mengidentifikasi nilai-nilai perjuangan dari  gerakan pembaharuan dunia Islam 
3.6        Mendeskripsikan sejarah masuknya Islam di Indonesia
3.7        Memahami jalur masuknya Islam di Indonesia
3.8        Menganalisis strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
3.9        Mengidentifikasi kiprah masing-masing Wali Sanga dalam penyebaran Islam
3.10    Menganalisis strategi dakwah yang  dikembangkan  oleh  Wali Sanga  di Indonesia
3.11    Memahami sejarah perkembangan kerajaan  Islam awal  di Indonesia
3.12    Menganalisis peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia
3.13    Mengenal tokoh Islam  awal di Indonesia  dan peranan mereka  dalam perkembangan Islam
3.14    Mendiskusikan peran dan kontribusi tokoh-tokoh  ilmu pengetahuan Islam di Indonesia
4.       Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
4.1.       Menceritakan pendekatan dakwah yang dilakukan  oleh  saudagar-saudagar Arab  ketika pertama kali masuk di wilayah Indonesia
4.2.       Menyajikan hikmah dan manfaat  dari warisan peradaban dunia Islam bagi masyarakat  Islam  masa kini dan masa akan datang
4.3.       Membuat peta konsep mengenai nilai-nilai gerakan pembaharuan
4.4.       Menceritakan pendekatan dakwah yang dilakukan oleh Wali Sanga

D.1.   KELAS XII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1         Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
1.2         Menghayati nilai-nilai perjuangan  dari tokoh-tokoh  Islam  dunia  sebagai implementasi dari  kewajiban berdakwah  dalam  Islam
1.3         Menyadari pentingnya sikap  ahlakul karimah  dari tokoh pembaharuan Islam Amerika, Elijah Muhammad sebagai  suri teladan bagi generasi Islam masa kini 
1.4         Menyadari urgensi sikap gigih berjuang dari  tokoh DR. Sauki Futaki pembaharuan Islam  Jepang sebagai implementasi kewajiban belajar  bagi umat  Islam  
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

2.1.  Menampilkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari  sebagaimana dipraktekkan  tokoh-tokoh  pembaharuan dunia Islam   
2.2.  Membiasakan sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi meneladani tokoh  pejuang Islam   Filipina
2.3.  Membiasakan sikap optimis seperti yang dicontohkan Elijah Muhammad dalam berdakwah  di Amerika 
2.4.  Memiliki sikap semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan dari tokoh-tokoh ilmu  pengetahuan dunia Islam sebagai implementasi dari kecintaan terhadap perkembangan Islam di dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.1.      Mendeskripsikan sejarah perkermbangan Islam di  Thailand 
3.2.      Menganalisis jalur masuknya Islam di kepulawan Sulu  Filipina
3.3.      Mendeskripsikan sejarah masuknya Islam di Malaysia
3.4.      Mendeskripsikan sejarah masuknya Islam di Brunei Darussalam
3.5.      Mendeskripsikan sejarah masuknya Islam di Benua Afrika
3.6.      Mendeskripsikan sejarah masuknya Islam di Benua Amerika
3.7.      Mendeskripsikan sejarah masuknya Islam di Benua Australia
3.8.      Mendiskusikanpemikiran-pemikiran muballig Islam di Amerika dan Eropa  
3.9.      Menganalisis nilai-nilai perjuangan dari  organisasi-organisasi Islam Amerika, Eropa, Australia, dan  Afrika
3.10.  Mengenal  tokoh-tokoh  ilmu pengetahuan  Islam dunia modern  zaman sekarang
3.11.  Mengidentifikasi pusat-pusat peradaban Islam  dunia  modern zaman sekarang
3.12.  Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan  kemunduran peradaban Islam di dunia
4.   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
4.1.      Menceritakan secara umum mengenai perkembangan umat Islam di beberapa negara Asia Tenggara
4.2.      Memetakan tokoh-tokoh pejuang Islam yang ada di Amerika dan Australia
4.3.      Membuat peta konsep mengenai faktor-faktor penghambat dalam penyebaran Islam di Amerika, Eropa, dan Australia

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :

0 Response to "SKL quran Hadist Kelas XII Semester Gasal"