SKL quran Hadist Kelas XII Semester Gasal
A.1. KELAS XII
SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1. Mengamalkan
pola hidup sederhana dan gemar menyantuni duafa
1.2. Menghayati nilai sabar dalam menghadapi
ujian dan cobaan
1.3. Mengamalkan nilai-nilai yang
terkait dengan kelestarian lingkungan hidup
1.4. Bertindak dan berpikir secara
ilmiah dalam beragama
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif, sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
2.1. Menunjukkan
perilaku hidup sederhana dan gemar menyantuni duafa sebagai implementasi dari
Surah al-Furqwn: 67, al-Isrw’: 26–27, 29–30, al-Qasas: 79–82; Surah al-Baqarah: 177,
Surah al-Mw‘yn (107): 1–7 dan hadis riwayat Ibnu Majah dan Ahmad dari Abdullah bin Amru
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّبِسَعْدٍ وَهُوَ يَتَوَضَّأُ فَقَالَ مَاهَذَا السَّرَفُ فَقَالَ أَفِي الْوُضُوءِ إِسْرَافٌ قَالَ نَعَمْ وَ إِنْكُنْتَ عَلَى نَهَرٍجَارٍ
dan hadis riwayat Imam Al-Bukhari dari Hakim bin Hiram
الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُوَ خَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِغِنًى وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ وَمَنْ يَسْتَغْنِيُغْنِهِ اللَّهُ
2.2. Membiasakan perilaku sabar dalam menghadapi ujian dan memiliki sikap optimis sebagai
implementasi dari pemahaman Surah al-Baqarah: 155–157, Surah qli ‘Imrwn: 186, hadis riwayat muslim dari Suhaib
عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَ إِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ
dan hadis riwayat Tirmizi dari Mus’ab bin Sa’ad dari ayahnya
قلت يارسول الله أي الناس أشد بلاء قال الأنبياء ...
2.3. Memiliki budaya menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagai
implementasi dari pemahaman Surah ar-Rym: 41–42, Surah al-A‘rwf: 56–58, awd: 27, al-Furqwn: 45–50, al-Baqarah: 204–206, hadis tentang kelestarian alam yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Anas
bin Malik
مَامِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْبَهِيمَةٌ إِلَّاكَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ
2.4. Menunjukkan perilaku dan cara
berpikir ilmiah sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ayat-ayat
Al-Qur’an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang terdapat pada Surah
al-‘Alaq: 1–5, Surah Yynus: 101; Surah al-Baqarah: 164, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Abu Darda’
مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالْحِيتَانُ فِي جَوْفِ الْمَاءِ وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِك َفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّالْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّالْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَادِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang pola hidup
sederhana dan perintah menyantuni para duafa pada Surah al-Furqwn: 67, al-Isrw’: 26–27, 29–30, al-Qasas: 79–82; Surah al-Baqarah: 177,
Surah al-Mw‘yn (107): 1–7 dan hadis riwayat Ibnu Majah dan Ahmad dari Abdullah bin Amru
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّبِسَعْدٍ وَهُوَ يَتَوَضَّأُ فَقَالَ مَاهَذَا السَّرَفُ فَقَالَ أَفِي الْوُضُوءِ إِسْرَافٌ قَالَ نَعَمْ وَ إِنْكُنْتَ عَلَى نَهَرٍجَارٍ
dan hadis riwayat Imam Al-Bukhari dari Hakim bin
Hiram
الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُوَ خَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِغِنًى وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ وَمَنْ يَسْتَغْنِيُغْنِهِ اللَّهُ
3.2 Memahami ayat Al-Qur’an dan hadis tentang ujian dan cobaan
pada Surah al-Baqarah: 155–157, Surah qli ‘Imrwn: 186, hadis riwayat muslim
dari Suhaib
عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَ إِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ
dan hadis riwayat Tirmizi dari Mus’ab bin Sa’ad dari ayahnya
قلت يارسول الله أي الناس أشد بلاء قال الأنبياء ...
3.3 Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kelestarian lingkungan hidup
pada Surah ar-Rym: 41–42, Surah al-A‘rwf: 56–58, awd: 27, al-Furqwn: 45–50, al-Baqarah: 204–206, hadis tentang kelestarian alam
yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik
مَامِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْبَهِيمَةٌ إِلَّاكَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ
3.4 Menganalisis ayat-ayat
Al-Qur’an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang terdapat pada Surah
al-‘Alaq: 1–5, Surah Yynus: 101; Surah al-Baqarah: 164, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Abu Darda’
مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالْحِيتَانُ فِي جَوْفِ الْمَاءِ وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَادِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ
|
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1. Menghafal dan mengartikan per kata ayat-ayat Al-Qur’an
dan hadis tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa
pada Surah al-Furqwn: 67, al-Isrw’: 26–27, 29–30, al-Qasas: 79–82;
Surah al-Baqarah: 177, Surah
al-Mw‘yn (107): 1–7 dan hadis riwayat Ibnu Majah dan Ahmad dari
Abdullah bin Amru
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّبِسَعْدٍ وَهُوَ يَتَوَضَّأُ فَقَالَ مَاهَذَا السَّرَفُ فَقَالَ أَفِي الْوُضُوءِ إِسْرَافٌ قَالَ نَعَمْ وَ إِنْكُنْتَ عَلَى نَهَرٍجَارٍ
dan hadis riwayat Imam Al-Bukhari dari Hakim
bin Hiram
الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُوَ خَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِغِنًى وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ وَمَنْ يَسْتَغْنِيُغْنِهِ اللَّهُ
4.2. Mempresentasikan isi dan kandungan ayat Al-Qur’an dan hadis tentang ujian dan cobaan
pada Surah al-Baqarah: 155–157, Surah qli ‘Imrwn: 186, hadis riwayat muslim
dari Suhaib
عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَلِ أَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَفَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَ إِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًالَهُ
dan
hadis riwayat At-Tirmizi
dari Mus’ab bin Sa’ad dari ayahnya
قلت يارسول الله أي الناس أشد بلاء قال الأنبياء ...
4.3. Menghafal dan mengartikan per kata dari ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang
kelestarian lingkungan hidup pada Surah ar-Rym: 41–42, Surah
al-A‘rwf: 56–58, awd: 27, al-Furqwn: 45–50, al-Baqarah: 204–206, hadis tentang kelestarian alam yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Anas
bin Malik
مَامِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْبَهِيمَةٌ إِلَّاكَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ
4.4. Mempresentasikan isi dan
kandungan ayat Al-Qur’an dan hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi
yang terdapat pada Surah al-‘Alaq: 1–5, Surah Yynus: 101; Surah al-Baqarah: 164, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Abu Darda’
مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالْحِيتَانُ فِي جَوْفِ الْمَاءِ وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِكَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَادِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ
|
A.2. KELAS XII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1. Mengamalkan dakwah dengan
hikmah, mau’izah hasanah dan perdebatan yang baik
1.2. Mengamalkan amar makruf nahi munkar secara tepat dengan tangan, lisan dan hati
1.3. Menghayati nilai-nilai
demokratis dalam kehidupan sehari-hari
1.4. Menyadari pentingnya nilai-nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif, sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
2.1. Menunjukkan perilaku dalam
dakwah yang baik sebagai implementasi dari Surah an-Napl (16): 125, Surah asy-Syu‘arw‘ (26): 214–216, Surah al-oijr (15): 94–96, dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنْ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِمَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِ هِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلَالَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنْ الْإِثْم ِمِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لَايَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا
2.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan kewajiban amar ma‘ruf nahi munkar
dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana sebagai implementasi dari pemahaman
atas Surah qli ‘Imrwn: 104, hadis Ibnu Majah dari Qais bin Hazim
إن الناس إذا رأوا المنكر
dan hadis Muslim dari
Abu Said
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْيَ سْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
2.3. Memiliki sikap demokratis dalam
kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman atas Surah qli ‘Imrwn: 159, Surah asy-Syyra: 38, dan hadis riwayat Muslim dari Malik al-Asyaja‘i
خيارأئمتكم الذين تحبونهم
hadis
riwayat Al-Bukhari
مَتَى السَّاعَةُ قَالَ فَإِذَا ضُيِّعَتْ الْأَمَانَةُ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ قَالَ كَيْفَ إِضَاعَتُهَا قَالَ إِذَا وُسِّدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فانْتَظِرْ السَّاعَةَ
2.4. Membiasakan perilaku jujur
dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Mwidah (5): 8–10, Surah at-Taubah
(9): 119, an-Napl (16): 90–92, an-Nisw’ (4): 105, dan hadis riwayat Muslim dari Abdullah
عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ
|
3.
Memahami,
menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kewajiban berdakwah
yang terdapat pada Surah an-Napl (16): 125, Surah asy-Syu‘arw‘ (26): 214–216, Surah al-oijr (15): 94–96, dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنْ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِمَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِ هِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلَالَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنْ الْإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لَايَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا
3.2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
dan hadis tentang amar ma‘ruf nahi munkar Surah qli ‘Imrwn: 104, hadis Ibnu Majah
dari Qais bin Hazim
إن الناس إذارأوا المنكر
dan hadis
Muslim dari Abu Said
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْيَ سْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
3.3. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi pada Surah qli ‘Imrwn: 159, Surah asy-Syyra: 38, dan hadis riwayat Muslim dari Malik al-Asyaja‘i
خيارأئمتكم الذين تحبونهم
hadis riwayat Bukhari
مَتَى السَّاعَةُ قَالَ فَإِذَا ضُيِّعَتْ الْأَمَانَةُ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ قَالَ كَيْفَ إِضَاعَتُهَا قَالَ إِذَا وُسِّدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فانْتَظِرْ السَّاعَةَ
3.4. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang jujur dan adil pada Surah al-Mwidah (5): 8–10, Surah at-Taubah
(9): 119, an-Napl (16): 90–92, an-Nisw’ (4): 105, dan hadis riwayat Muslim dari Abdullah
عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ
|
2. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1.Menghafalkan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang kewajiban berdakwah yang
terdapat pada Surah an-Napl (16): 125, Surah asy-Syu‘arw‘ (26): 214–216, Surah al-oijr (15): 94–96, dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنْ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِمَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِ هِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلَالَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنْ الْإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لَايَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا
4.2.Mempresentasikan isi dan
kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang amar ma‘ruf nahi munkar
Surah qli ‘Imrwn: 104, hadis Ibnu Majah dari Qais bin Hazim
إن الناس إذا رأوا المنكر
dan hadis Muslim dari Abu Said
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْيَ سْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
4.3.Mensimulasikan perilaku hidup demokratis
seperti terkandung dalam Al-Qur’an Surah qli ‘Imrwn: 159, Surah
asy-Syyra: 38, dan hadis riwayat Muslim dari Malik al-Asyaja‘i
خيارأئمتكم الذين تحبونهم
4.4.Mempresentasikan isi dan
kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang jujur dan adil pada Surah al-Mwidah (5): 8–10, Surah at-Taubah
(9): 119, an-Napl (16): 90–92, an-Nisw’ (4): 105, dan hadis riwayat Muslim dari Abdullah
عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ
|
SKI Kelas XII Semester
Ganjil
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Meyakini bahwa berdakwah adalah
kewajiban setiap muslim
1.2 Menghayati nilai-nilai
perjuangan dari tokoh-tokoh
pembaharuan dunia Islam sebagai implementasi dari kewajiban berdakwah dalam
Islam
1.3 Meyakini sikap akhlakul karimah
dari tokoh Muhammad Abduh pembaharuan
dunia Islam sebagai suri teladan
bagi genarasi Islam masa kini
1.4 Menghayati sikap
kegigihan belajar dari tokoh-tokoh pembaharuan dunia Islam
Muhammad Iqbal sebagai
implementasi kewajiban belajar bagi umat
Islam
1.5 Meyakini perilaku
berdakwah dari Wali Sanga sebagai suri teladan bagi generasi muda
Islam zaman sekarang dan zaman
akan datang
1.6 Menghayati nilai-nilai positif
yang diwariskan Wali Sanga dan tokoh pembaharu dunia Islam
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai) santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1. Menunjukkan perilaku jujur
dalam kehidupan sehari-hari dari tokoh-tokoh pembaharu dunia Islam
2.2. Menunjukkan sikap kritis dan
demokratis dari tokoh-tokoh pembaruan Islam
Indonesia sebagai implementasi dari
pemahaman terhadap demokrasi Islam
2.3. Membiasakan sikap mawas diri
dan taat beribadah sebagai bentuk sikap meneladani para khalifah Abbasiyah
2.4. Menunjukkan sikap optimis Wali Sanga dalam berdakwah sebagai
penyemangat para generasi muda Islam sekarang
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural , dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1
Menganalisis sejarah pembaharuan atau
modernsasi Islam di dunia
3.2
Mengidentifikasi latar belakang lahirnya gerakan pembaharuan Islam di dunia
3.3
Menklasifikasi macam-macam gerakan pembaharuan dunia Islam
3.4
Mendiskusikan pemikiran-pemikiran pembaharuan dunia Islam
3.5
Mengidentifikasi nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam
3.6
Mendeskripsikan sejarah masuknya Islam di Indonesia
3.7
Memahami jalur masuknya Islam di Indonesia
3.8
Menganalisis strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
3.9
Mengidentifikasi kiprah masing-masing Wali Sanga dalam penyebaran Islam
3.10 Menganalisis strategi dakwah
yang dikembangkan oleh
Wali Sanga di Indonesia
3.11 Memahami sejarah perkembangan
kerajaan Islam awal di Indonesia
3.12 Menganalisis peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap
perkembangan Islam di Indonesia
3.13 Mengenal tokoh Islam awal di
Indonesia dan peranan mereka dalam perkembangan Islam
3.14 Mendiskusikan peran dan
kontribusi tokoh-tokoh ilmu pengetahuan Islam di
Indonesia
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1. Menceritakan pendekatan dakwah
yang dilakukan oleh saudagar-saudagar Arab ketika pertama kali masuk di wilayah
Indonesia
4.2. Menyajikan hikmah dan
manfaat dari warisan peradaban dunia
Islam bagi masyarakat Islam masa kini dan masa akan datang
4.3. Membuat peta konsep mengenai
nilai-nilai gerakan pembaharuan
4.4. Menceritakan pendekatan dakwah
yang dilakukan oleh Wali Sanga
|
D.1. KELAS XII
SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
1.2
Menghayati nilai-nilai perjuangan
dari tokoh-tokoh Islam dunia
sebagai implementasi dari
kewajiban berdakwah dalam Islam
1.3
Menyadari pentingnya sikap ahlakul
karimah dari tokoh pembaharuan Islam
Amerika, Elijah Muhammad sebagai suri
teladan bagi generasi Islam masa kini
1.4
Menyadari urgensi sikap gigih berjuang dari tokoh DR. Sauki Futaki pembaharuan
Islam Jepang sebagai implementasi
kewajiban belajar bagi umat Islam
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif, sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
2.1. Menampilkan perilaku jujur
dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana dipraktekkan tokoh-tokoh
pembaharuan dunia Islam
2.2. Membiasakan sikap kritis dan
demokratis sebagai implementasi meneladani tokoh pejuang Islam Filipina
2.3. Membiasakan sikap optimis
seperti yang dicontohkan Elijah Muhammad dalam berdakwah di Amerika
2.4. Memiliki sikap semangat
melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan dari tokoh-tokoh ilmu pengetahuan dunia Islam sebagai
implementasi dari kecintaan terhadap perkembangan Islam di dunia
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1. Mendeskripsikan sejarah
perkermbangan Islam di Thailand
3.2. Menganalisis jalur masuknya Islam di kepulawan Sulu Filipina
3.3. Mendeskripsikan sejarah
masuknya Islam di Malaysia
3.4. Mendeskripsikan sejarah
masuknya Islam di Brunei Darussalam
3.5. Mendeskripsikan sejarah
masuknya Islam di Benua Afrika
3.6. Mendeskripsikan sejarah
masuknya Islam di Benua Amerika
3.7. Mendeskripsikan sejarah
masuknya Islam di Benua Australia
3.8. Mendiskusikanpemikiran-pemikiran muballig Islam di
Amerika dan Eropa
3.9. Menganalisis nilai-nilai perjuangan dari organisasi-organisasi Islam Amerika, Eropa,
Australia, dan Afrika
3.10. Mengenal tokoh-tokoh ilmu pengetahuan Islam dunia modern zaman sekarang
3.11. Mengidentifikasi pusat-pusat peradaban Islam dunia
modern zaman sekarang
3.12. Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan
kemunduran peradaban Islam di dunia
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1. Menceritakan secara umum mengenai
perkembangan umat Islam di beberapa negara Asia Tenggara
4.2. Memetakan tokoh-tokoh pejuang Islam yang ada di Amerika dan
Australia
4.3. Membuat peta konsep mengenai faktor-faktor
penghambat dalam penyebaran Islam di Amerika, Eropa, dan Australia
|
0 Response to "SKL quran Hadist Kelas XII Semester Gasal"
Posting Komentar